Breaking News

3 Cara Amankan USB dari Pencurian Hacker

USB Device atau yang juga sering disebut flashdisk seringkali kita gunakan untuk menyimpan atau membackup file berukuran tidak terlalu besar tergantung kapasitas flashdisk yang kita miliki.
Sebenarnya banyak dampak negatif dari seringnya penggunaan USB, selain virus, salah satu yang jadi ancaman negatif untuk USB atau storage device lainnya, tentu adalah pembajakan dengan pencurian data alias hacking. Ketika perangkat penyimpanan dibajak, file dan data penting yang kadang bersifat pribadi seringkali disalahgunakan orang-orang tak bertanggung jawab.
Tentunya kita tak inginkan hal itu terjadi pada data dan file penting yang terdapat di USB atau flashdisk kita, bukan? Untuk itu, kali ini Nyaut akan kasih tips mengenai cara amankan USB dari pencurian hacker.

3 Cara Amankan USB dari Pencurian Hacker.


Ada tiga trik yang bisa kita gunakan untuk amankan USB dari risiko pencurian hacker. Dari ketiga cara kita bebas menggunakan salah satunya, tentu yang menurut kita paling mudah dilakukan.

1. BitLocker


  • Masukkan USB device atau flashdisk ke konektor desktop atau laptop. Klik kanan pada bagian perangkat tersebut. Maka akan keluar opsi sebagaimana dalam gambar di bawah. Pilih "Turn on BitLocker".
Amankan USB dengan Bitlocker
Kemudian pilih opsi "Use a password to unlock the drive". Lalu masukkan password yang kita inginkan sebanyak dua kali.
Amankan USB dengan Bitlocker 2
 Sebagai antisipasi jika kita lupa password, maka sebaiknya memilih dua opsi yang tersedia di bawah. Keduanya berfungsi untuk recovery file USB kita jika suatu saat kita lupa password yang digunakan.
Amankan USB dengan Bitlocker 3


2. Wondershare

  • Untuk menggunakan tool ini, kita perlu mengunduh terlebih dulu Wondershare.
Amankan USB dengan Wondershare

  • Buka tool yang barusaja kita download, lalu masukkan USB. Lanjutkan dengan memilih perangkat yang akan dimasukkan dalam program dan diamankan. Klik "Install" setelah proses pengamanan komplit.
Amankan USB dengan Wondershare 2
  • Lanjutkan dengan memasukkan username serta password sesuai keinginan kita.

Amankan USB dengan Wondershare 3

3. DiskCrytor

  • Untuk menggunakan metode ini, terlebih dulu kita perlu download DiskCrytor . Kemudian, buka software tersebut dan masukkan USB ke komputer. Klik "Encrypt" untuk memulai proses pengamanan pada USB.
    Amankan USB dengan DiskCrytor 1

    • Kemudian lanjutkan dengan klik "Next".
    Amankan USB dengan DiskCrytor 2
    • Kemudian, masukkan password yang ingin kita gunakan untuk melindungi USB. Usahakan password yang sulit ditebak biar benar-benar aman. Isi password sebanyak dua kali.
    Amankan USB dengan DiskCrytor 3 

    • Terakhir, klik "Mount". Kini USB kita telah diamankan dengan password yang tadi kita masukkan.

    • Source " TechViral"



      Incoming Terms
      • amankan flashdisk dari virus
      • cara amankan flashdisk dari virus
      • cara amankan flashdisk dari virus menggunakan smad lock




    No comments