Breaking News

7 Aplikasi Chatting Android Paling Aman Sejauh Ini

Aplikasi chatting android paling aman – Baru-baru ini fitur enkripsi end-to-end di aplikasi pengirim pesan merupakan suatu hal yang wajib. Dengan adanya fitur tersebut diyakini dapat membuat aktifitas chatting anda bebas dari kegiatan penyadapan. Hal ini karena, tidak ada seorang pun, kecuali anda dan si penerima pesan yang dapat melihat isi dari content tersebut.
 
Info 7 Aplikasi Chatting Android Paling Aman Sejauh Ini

Berdasarkan hal diatas maka admin berinisiatif merangkum dari berbagai sumber yang terpercaya beberapa daftar aplikasi chatting Android paling aman sejauh ini yang dapat anda gunakan, antara lain sebagai berikut.

Aplikasi Chatting Android Paling Aman


1. WhatsApp


WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling aman. Dengan fitur enkripsi end-to-end, setiap pesan baik yang diterima ataupun dikirim akan di amankan. Yang menarik, tingkat enkripsi WhatsApp ternyata merupakan salah satu yang paling kuat dibandingkan dengan aplikasi instant messenger lainnya.

2. Telegram


Telegram merupakan aplikasi chatting yang mirip dengan aplikasi WhatsApp, karena memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Salah satu fitur unggulan Telegram yaitu keamanan dari pesan yang anda kirim yaitu fitur Secret Chat, dimana pesan tersebut akan dienkripsi dan hanya dapat dilihat dan dibaca oleh penerimanya.

Baca juga : Aplikasi Launcher Android Terbaik Saat Ini

Selain itu di aplikasi ini juga terdapat fitur self-destruct alias menghapus pesan secara otomatis sesaat setelah di baca, dan pesan tersebut akan hilang untuk selamanya, serta tidak bisa dilacak lagi dengan cara apapun.

3. Silent Phone - private calls


Silent Phone menyuguhkan fitur panggilan terenkripsi secara peer-to-peer, begitu juga dengan panggilan video, pesan, serta pengiriman file. Aplikasi ini juga dapat dipakai di Ios maupun Android. Anda bisa mengirim file penting berbentuk DOCX, PDF, serta jenis file lainnya dengan aman tanpa takut disadap. Waktu ketersediaan pesan yang anda kirim pun dapat diatur.

4. Viber Messenger


Aplikasi chatting Android yang aman selanjutnya yaitu Viber, anda pasti pernah atau mungkin sekarang ini sedang memakai aplikasi ini, karena memiliki fitur yang sangat lengkap. Fitur Viber antara lain, enkripsi end-to-end, penghapusan pesan terkirim, karakter teks yang banyak, publicchats, fitur gif, serta fitur pengiriman uang lewat Western Union.

5. Signal


Signal juga mempunyai sistem keamanan yang tinggi. Signal aplikasi besutan dari Open Whisper Systems, salah satu kelompok hacker yang membantu WhatsApp untuk mengembangkan enkripsinya. Sama seperti WhatsApp, Signal juga membenamkan fitur enkripsi end-to-end di pesan teks, file, suara, serta media lainnya.

6. Messenger


Aplikasi Facebook Messenger adalah salah satu jenis aplikasi chatting Android yang aman selanjutnya. Dengan fitur Secret Conversation pesan yang anda kirimkan melalui Messenger akan diamankan menggunakan fitur enkripsi end-to-end. Disamping itu anda juga bisa mengatur waktu sebuah pesan bisa dilihat, baik oleh penerima ataupun pengirim.

7. Wickr Me


Wickr Me adalah aplikasi chatting Android paling aman ciptaan salah seorang peretas, Nico Sell. Pada awalnya, Wickr Me dipakai sebagai media pengiriman pesan untuk para whistleblower supaya pemerintah tidak bisa melihat isi pesan tersebut. Wickr Me disebut-sebut memiliki enkripsi pesan kelas militer. Jadi, pesan akan diacak serta tak ada pihak manapun juga yang mampu mengidentifikasi-nya.

Demikianlah 7 aplikasi chatting Android paling aman di dunia saat ini. Di satu pihak fitur enkripsi memang menyuguhkan privasi tersendiri, akan tetapi juga membuat sulit pihak pemerintah ataupun otoritas keamanan dalam megungkap kasus-kasus tertentu. Semoga bermanfaat!!!.

No comments