Breaking News

Persiapan Untuk Update OS Android

Bila Anda telah memutuskan untuk memperbarui perangkat Android Anda ke OS terbaru, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil langkah pembaruan. Apa yang akan alami dalam update OS akan bervariasi, dan Anda harus mempersiapkan ponsel atau tablet Anda dalam beberapa cara sebelum mulai mendownload sistem pembaruan. 
Semakin baru smartphone Anda, semakin cepat Anda akan menerima pembaruan dari flagship device Anda, jika device Anda merupakan produk keluaran Google maka Anda bisa menikmati pembaruan lebih cepat karena Google menerbitkan pembaruan langsung ke jajaran perangkat Android Pixel-nya.

Tapi bila Anda memiliki ponsel yang berjalan pada versi OS lama, maka Anda harus melewati beberapa rintangan terlebih dahulu. 

Berikut ini tips agar Anda bisa mengetahui versi OS Android yang sedang dijalankan perangkat Anda, bagaimana mendapatkan pembaruan, dan apa yang harus dilakukan jika Anda tidak ingin menunggu operator Anda mengeluarkan pembaruan OS.

Setelah Anda siap untuk memperbarui, pastikan untuk mengisi penuh perangkat Anda, karena penginstalan dapat menguras baterai. Anda mungkin ingin menjalankannya semalaman karena update terkadang cukup lama untuk diunduh dan diinstal.

Periksa versi Anda

Pertama, Anda harus memeriksa versi perangkat Android yang sedang Anda jalankan, dengan masuk ke setelan; untuk kebanyakan smartphone, Anda akan menemukan ini di bawah "About phone." Android memiliki daftar lengkap nama dan nomor versi OS secara online sehingga Anda dapat melihat OS apa yang sesuai dengan perangkat Anda.

Juga di bagian "Tentang telepon" pada pengaturan adalah nomor model ponsel Anda, yang juga dapat membantu Anda mengetahui cara memperbarui perangkat Anda.

Periksa situs web produsen dan operator (jika perangkat Anda perangkat bundling) untuk mengetahui bagaimana pembaruan perangkat lunak bekerja untuk perangkat khusus Anda.

Jika Anda memiliki perangkat Google Nexus atau Piksel , mungkin Anda sudah tahu bahwa perangkat Anda menerima pembaruan langsung dari Google tanpa intervensi operator. Dalam kasus ini, Anda akan diberi notifikasi update dalam beberapa hari pertama peluncuran OS.

Jika tidak, namun perangkat Anda termasuk jajaran perangkat dengan model yang lebih baru, Anda akan menjadi yang pertama bila operator Anda mulai meluncurkan pembaruan OS. Semakin tua perangkat Anda, semakin lama Anda harus menunggu. Dan jika itu perangkat yang lebih tua, Anda mungkin tidak menerima update sama sekali. Hal yang sama berlaku jika Anda memiliki perangkat kelas bawah; sekali lagi, tanyakan kepada produsen dan operator Anda untuk mengetahui kebijakan mereka. Untuk kebanyakan smartphone Android, Anda dapat memeriksa pembaruan sistem dengan masuk ke pengaturan. Di sana Anda dapat melihat kedua rilis OS dan pembaruan keamanan, seperti fix Stagefright .

Back Up, Back Up, Back Up

Sebelum melanjutkan, pastikan untuk mencadangkan semua data Anda , kalau-kalau ada yang tidak beres dengan pembaruan. Anda bisa mencadangkan informasi Anda secara teratur. Ada banyak aplikasi backup yang tersedia di luar sana dari operator, produsen, dan pihak ketiga. Download dan instal yang paling familiar bagi Anda.

Periksa ruang anda

Saat Anda memback up data telepon Anda, periksa memori Anda untuk melihat berapa banyak ruang yang tersedia pada perangkat Anda. Anda mungkin harus melepaskan beberapa aplikasi, gambar, dan file lainnya untuk memberi ruang internal. Android menguraikan berapa banyak ruang yang Anda butuhkan untuk mengunduh pembaruan, yang mungkin ingin Anda lakukan melalui Wi-Fi jika Anda tidak memiliki paket data tak terbatas.

Rooting selalu bisa menjadi pilihan


Jika Anda menginginkan segera mengupdate OS Anda, Anda tetap dapat memilih untuk meroot ponsel Anda , yang memungkinkan Anda mengakses pembaruan saat menginginkannya. Itu hanya salah satu dari banyaknya manfaat rooting perangkat Android
. Anda juga dapat mengakses fitur yang belum tersedia untuk smartphone dan tablet Android yang tidak dikenal, dan Anda juga memiliki kontrol lebih terhadap perangkat Anda.

No comments