Breaking News

Tips Terbaru Mengatasi Smartphone Lemot 2018


Performa ponsel atau tablet Android Anda mungkin sangat cepat saat pertama kali membelinya. Seiring berjalannya waktu, terutama jika Anda mengupgrade sistem operasi atau menambahkan banyak aplikasi, sepertinya akan berjalan lebih lambat. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan perangkat Anda.


  • Free Up Space

Perangkat Anda akan berjalan lebih cepat jika memori tidak penuh.

Evaluasi aplikasi yang Anda miliki di ponsel atau tablet dan buang yang tidak lagi Anda butuhkan atau gunakan. Ini membebaskan ruang pada perangkat. Untuk menghapus aplikasi yang Anda unduh, buka setelan dan cari Pengelola Aplikasi. Terkadang disembunyikan tapi tetap lihat dan diteliti saja. Ketuk aplikasi apa pun yang tercantum di Pengelola Aplikasi yang ingin Anda uninstal untuk membuka layar info. Ketuk tombol Uninstall di bagian bawah layar untuk menghapusnya.

Selain itu, nonaktifkan aplikasi apa pun yang ada di perangkat seluler Anda namun tidak Anda gunakan. Dalam kebanyakan kasus, Anda bisa cek App Properties untuk menonaktifkan sebuah aplikasi.

Lihatlah perpustakaan foto dan musik Anda. Jika Anda mengambil beberapa foto setiap kali-hanya untuk mendapatkan yang terbaik-Anda bisa menghapus semua gambar ekstra itu. Jika Anda yang tidak pernah Anda dengarkan, lebih baik dihapus saja.

Periksa folder Unduhan Anda. Mungkin memori penuh dengan file yang tidak Anda butuhkan lagi.
Buka pengaturan dan buka halaman penyimpanan. Cari "Other" atau "Misc". Ketuk dan Anda mungkin akan melihat sekumpulan file yang diunduh aplikasi ke ponsel atau tablet Anda. Jika Anda yakin Anda tidak lagi membutuhkan file itu, hapuslah. Jika Anda tidak yakin, biarkan saja.


  • Go Widget dan Animasi Gratis

Seperti aplikasi, widget yang tidak Anda butuhkan harus dinonaktifkan. Widget atau peluncur yang Anda gunakan mungkin memberi animasi dan efek khusus terlihat bagus, namun bisa memperlambat ponsel atau tablet Anda.

Periksa di launcher Anda untuk melihat apakah Anda dapat menonaktifkan efek ekstra ini dan mendapatkan sedikit kecepatan.


  • Tutup Aplikasi yang Tidak Anda gunakan

Menjaga beberapa aplikasi terbuka memudahkan untuk multitasking, namun menutup aplikasi yang terbuka dapat meningkatkan kecepatan. Lihat daftar aplikasi yang berjalan yang menunjukkan aplikasi mana yang sedang berjalan dan berapa banyak memori yang mereka gunakan dan tutup yang tidak Anda butuhkan.


  • Kosongkan Cache

Buka halaman penyimpanan perangkat di seting. Cari topik entri data Cached dan ketuk di dalamnya. Anda akan memiliki opsi untuk menghapus semua data dalam cache.


  • Hidupkan ulang telepon atau tablet

Restart sangat dipercaya menjadi solusi sejak adanya teknologi komputer. Lakukan hal itu untuk digunakan pada telepon atau tablet Anda. Sebuah restart dapat membersihkan cache dan membersihkan sistem.


  • Periksa Aplikasi Yang Menguras Daya Baterai

Pantau aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak (biasanya di Settings > Battery) dan perhatikan aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak (biasanya di Settings> Apps atau Apps Manager, tergantung tipe perangkat).


  • Download Aplikasi yang Meningkatkan Kinerja Android

Aplikasi yang menghapus file duplikat dari ponsel Anda atau aplikasi untuk menghentikan proses background bisa membantu menjaga agar telepon tetap dalam kondisi pengoperasian terbaiknya. Ada beberapa di antaranya di pasaran. Diantaranya adalah:

Greenify - menghentikan aplikasi background dari pengurasan baterai
File Commander - menampilkan ikhtisar penyimpanan dan mengidentifikasi kategori yang menggunakan penyimpanan paling banyak: Video, Musik, Gambar atau Unduhan.
SD Maid - mencakup empat alat individual-CorpseFinder, System Cleaner, App Cleaner, dan Database, masing-masing tool memiliki cara kerja yang berbeda. Ada juga tool untuk menemukan dan menghapus file duplikat.


  • Lanjutkan ke Opsi Akhir

Jika semuanya gagal, dan ponsel atau tablet Android Anda masih sangat lambat, pergilah ke factory reset . Aplikasi dan data Anda hilang (ya, semuanya) dan telepon kembali ke kondisi pabrik aslinya. Anda perlu mengunduh ulang aplikasi yang Anda inginkan.

Bergantung type ponsel atau tablet Anda, cari di setelan "cadangan" atau "pulihkan" atau "privasi" untuk menemukan opsi reset pabrik. Setelah reset selesai, perangkat Anda mestinya kembali berjalan dengan lancar.

No comments