Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Trik Atasi Internet Smartfren Lemot

Siapa sih yang nggak pernah alami jaringan Smartfren lemot saat lagi asyik internetan. Tentu ini bikin kesel ya guys, karena kegiatan jadi terganggu.

Smartfren merupakan salah satu provider telekomunikasi lawas di Indonesia yang populer berkat jaringan 4G LTE ngebut dan murah yang ditawarkannya.

Nggak cuma itu, Smartfren juga menyediakan paket internet kuota Unlimited yang harganya terbilang murah banget. Pantas saja banyak banget ABG yang menggunakan provider satu ini.

Sayangnya, banyak banget keluhan kalau jaringan internet Smartfren nggak stabil, entah itu Smartfren lemot atau ada sedang gangguan sinyal. Mungkin kamu salah satu korban juga?

Kenapa Smartfren Lemot?


Smartfren lemot

Perlu diketahui bahwa saat ini pengguna layanan Smartfren di Indonesia jumlahnya melonjak drastis Wajar lah guys, soalnya provider satu ini memang ramah kantong banget, guys.

Namun, jumlah user Smartfren yang membeludak nggak berbanding lurus dengan area layanan Smartfren. Masalah ini terjadi di area-area terpencil, atau jauh dari kota besar.

Selain itu, dukungan provider juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet. Apalagi jumlah user nggak sebanding dengan kapasitas provider, jaringan pasti auto lemot.

Cakupan area servis dan dukungan Smartfren memang nggak sebesar operator raksasa lainya yang sudah lebih lama hadir di Indonesia.

Cara Mengatasi 4G Smartfren Lemot

Sudah paham kan, dengan penjelasan di atas? Santuy aja, tanpa perlu berlama-lama larut dalam kekecewaan, guys. Admin juga bakal memberikan kamu solusi atasi internet Smartfren lemot.

Sejauh ini, ada 5 cara agar internet Smartfren tidak lemot lagi. Tips berikut cukup mudah dan bisa kamu lakukan di rumah, kok, guys.

Dengan trik sederhana mengatasi lemotnya Smartfren Unlimited, kecepatan internet kamu bisa kembali ngacir seperti semula. Daripada kamu tambah penasaran, langsung simak saja, yuk, artikel berikut ini!

1. Atur Jaringan 4G Only


Smartfren 4g lemot

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat internet Smartfren-mu menjadi ngebut lagi seperti semula adalah dengan menyetel smartphone kamu dengan setingan jaringan ke mode 4G Only.

Biasanya, sih, setelan default jaringan smartphone menggunakan network 3G & 4G. Setelan ini secara otomatis bakal menyesuaikan jaringan yang sesuai dengan area coverage provider di wilayahmu.

Misalkan daerah tempatmu berada belum mendukung 4G, maka secara auto HP kamu akan langsung terhubung dengan jaring Smarfren 3G. Nggak heran kalau Smartfren kamu berasa lelet.

Dengan menggunakan setelan jaringan 4G only, HP kamu bakalan dipaksa untuk selalu mencari jaringan 4G. Hal ini tentunya bikin koneksi internet kamu makin kencang.

Sayangnya, terdapat satu kendala dari metode ini. Baterai HP kamu akan cepat low karena selalu dipaksa untuk terus-terusan mencari koneksi 4G.

2. Setelan APN Smartfren


APN smartfren 4g

Access Point Network atau APN merupakan istilah untuk menyebut gateway antar jaringan seluler GSM, 3G, atau 4G, dengan jaringan komputer lainnya.

APN inilah yang berfungsi mengatur segala kebutuhan jaringan operator, guys. Mulai dari Proxy, IP, server, dan sebagainya. Tanpa APN, kita nggak mungkin bisa tersambung ke internet.

Nah, terkadang internet lemot disebabkan setelan APN default dari provider nggak sesuai dengan paket internet yang kita pakai. Hal ini bikin koneksi jadi tidak stabil, bahkan kadang nggak bisa internetan sama sekali.

Cara mengatur APN cukup mudah, kok, guys. Kamu tinggal mengganti angka-angka pada kolom pengaturan sesuai dengan setelan APN Smartfren yang kamu gunakan.

3. Reset DNS


Reset DNS Smartfren

Kalau kamu merasakan Smartfren kamu lemot, ada kemungkinan setelan DNS kamu bermasalah. DNS atau Domain Name System adalah server komputer yang membuat IP address berubah menjadi domain address.

Nggak semua DNS memiliki keamanan dan stabilitas koneksi yang baik. Begitu pun dengan DNS default yang terdapat di HP kamu. Karena itu dibutuhkan pengaturan DNS yang lebih baik.

Kalau kamu ingin mencoba mengatasi internet Smartfren lemot dengan mengganti DNS default di HP, kamu bisa memakai server DNS yang sangat direkomendasikan, seperti Open DNS, Cloudfare, dan lain-lain.

4. Coba Intip FUP


FUP smartfren

Kalau kamu user setia Smartfren Unlimited, mungkin masalah internet Smartfren lemot sudah sering banget kamu hadapi. Mungkin saja, masalahnya bukan dari jaringan atau HP kamu, guys.

Paket Internet Smartfren Unlimited memang dikenal murah. Namun kamu harus ingat bahwa paket-paket unlimited Smartfren memiliki FUP.

FUP atau Fair Use Policy adalah batas pemakaian wajar yang diberlakukan oleh pihak Smartfren. Kebijakan ini bertujuan untuk mengantisipasi penggunaan download hingga puluhan giga setiap harinya.

Kalau penggunaan internet unlimited kamu sudah melewati batas FUP, kecepatan internet kamu auto turun dengan drastis. Jangan heran kalau mendadak Smartfren lemot banget.

Unlimited, sih, tapi kamu juga harus tetap mengawasi penggunaan internet dengan wajar. Sesuai lah dengan harga yang ditawarkan.

5. Me-restart Smartphone


Reset hp smartfren lemot

Cara terakhir agar Smartfren tidak lemot adalah dengan me-restart HP kamu. Cara satu ini memang nggak ada hubungannya langsung dengan provider namun layak kamu coba.

Yakin deh, di antara kamu pasti banyak yang jarang banget mematikan HP. Padahal manfaat mematikan dan me-restart HP sangat perlu, lho.

Upaya ini bakal menghapus memori sampah HP kamu serta mereset ulang HP kamu sehingga nggak ada lagi malfungsi.

Restart HP juga berfungsi mengembalikan jaringan provider kamu menjadi normal lagi apabila sebelumnya terjadi bug minor yang tidak terdeteksi oleh sistem.