Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Diet Sehat yang Aman bagi Tubuh

Apa saja tips agar diet sehat Anda berhasil dan tubuh Anda tetap sehat dan bugar?  Perhatikan uraian berikut.

Diet Sehat dengan Target Penurunan berat badan

Penentuan target penurunan berat badan yang ingin Anda capai sangat diperlukan. Dalam seminggu Anda bisa membuat target penurunan 1/2 kg-I kg. Penurunan berat badan sebesar ini sudah sangat ideal. Anda dapat mencatat perkembangan penurunan berat badan tiap minggu. Akan lebih sempurna jika Anda mengukur lingkar pinggang, paha, dada, pinggul, tekanan darah, serta kolesterol.

Diet sehat dengan pengaturan menu sarapan

  • Anda harus sarapan! Jika tidak sarapan, gula darah akan turun sehingga konsentrasi terganggu, lemas, mudah rnarah, dan berakibat menurunnya produktivitas kerja. Jika Anda mengatasi lapar dengan makanan kecil dan berkalori tinggi, tujuan tidak tercapai dan bisa-bisa badan Anda semakin melar.
  • Saat sarapan, pilih menu serat tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, roti, gandum, atau sere-al. Selain itu, karbohidrat juga diperlukan pada saat sarapan karena karbohidrat yang dikonsumsi pagi hari akan lebih banyak diubah menjadi energi ke-timbang disimpan menjadi timbunan lemak.
    Sarapan diet sehat: Pixabay
    Sarapan diet sehat: Pixabay


  • Minum susu rendah lemak/low fat atau tanpa lemak akan lebih baik daripada minum susu full cream. Anda bisa memilih susu low fat dengan kalsium tinggi. Fungsi kalsium adalah menguatkan tulang dan memacu tubuh untuk membakar lebih banyak le-mak.

Diet sehat dengan pengaturan menu makan siang

Pada saat makan siang, Anda bisa menyantap buah terlebih dahulu karena buah yang kaya serat akan mengenyangkan tubuh Anda sehingga mengurangi porsi makan siang dan ngemil. Anda bisa pilih menu karbohidrat dan protein, seperti ikan, ayam tanpa kulit, tahu, dan tempe. Fungsi protein sangat kompleks dalam tubuh kita, di antaranya membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, mengatur keseimbangan air, pembentukan antibodi, mengangkut zat-zat gizi, dan sebagai sumber energi.

Diet sehat dengan pengaturan menu makan malam

Pada saat makan malam, Anda bisa mengawalinya dengan makan salad yang terdiri dari buah-buahan, seperti melon, semangka, nanas, anggur, ataupun sayuran, seperti selada, wortel, tomat. Sayur dan buah merupakan sumber serat, jadi Anda akan merasa kenyang dan membatasi asupan karbohidrat.

Posting Komentar untuk "Cara Diet Sehat yang Aman bagi Tubuh"