Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Tips Jitu Memotret Konser Musik

 

Tak hanya saat liburan bersama keluarga, mengabadikan momen-momen penting bersama teman dan kolega dekat ataupun memotret pemandangan alam luas, pecinta fotografi biasanya juga tak mau melewatkan momen saat-saat musisi favorit tengah ‘manggung’, untuk itu diperlukan tips cerdas agar hasil foto konser musik lebih bagus dan berkualitas.

Berikut ini adalah tipe memotret konser musik dalam ruangan (indoor) yang biasanya minim cahaya agar didapat hasil maksimal.

1. Setting Kamera
Pastikan Anda menggunakan setting manual agar bisa leluasa mengendalikan situasi misalnya saat kondisi rendah cahaya, tiba-tiba kita berhadapat dengan cahaya berlebih. Untuk itu setting manual sangat penting.

2. Setting ISO
Gunakan ISO antara 1600 – 3200 karena dalam kondisi agak gelap ISO tinggi berperan penting untuk memaksimalkan hasil foto.

3. Setting Bukaan
Usahakan Anda menggunakan bukaan lebih besar misalnya f/2.8 atau f/4, hal ini menginggat bukaan lensa yang besar akan menangkan cahaya lebih banyak sehingga foto terlihat lebih jelas pada objek-objek minim cahaya.

Ini Tips Jitu foto Konser Musik
Ini Tips Jitu Memotret Konser Musik



4. Setting Shutter
Disini ada dua opsi, pertama gunakan speed 1/200 sudah cukup. Kedua, jika objek minim cahaya dan diam maka speed 1/125 sudah cukup bagus.

5. Autofokus
Jika Anda menggunakan kamera Nikon atau Sony maka gunakan autofokus AF-A. Atau bagi pengguna kamera Canon gunakan autofokus AI Focus. Autofokus perguna untuk memotret objek yang akan menjadi acuan atau titik fokus saat mengambil gambar. Dengan bantuan autofokus ini, Anda tidak akan kehilangan object foto karena jika objeck berpindah maka mode autofocus akan mencarinya saat kita menekan setengah tombol shutter.

Selain kamera canggih di atas, tips ini juga berguna saat menggunakan smartphone papan atas seperti iPhone X ke atas, Samsung Galaxy terbaru atau HP-HP kamera keluaran terbaru seperti Vivo, Xiaomi dan yang lain, 

Tips tambahan: Jika hasil foto masih kurang terang atau terlalu terang, cobalah berkreasi dengan ISO, Anda bisa menambah atau menguranginya. Makin gelap objek gunakan ISO lebih tinggi.

Demikian Tips Jitu Memotret Konser Musik, semoga bermanfaat. Jika Anda punya tips lain jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lain.