Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kebiasaan Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran

Kebiasaan Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran - Di mata wisatawan Indonesia kenal sebagai negara dengan ribuan pulau eksotis dan beragam pantai yang indah, Indonesia sering menjadi destinasi wisata yang diincar banyak turis mancanegara.  

Selain panorama alam yang luar biasa, Indonesia juga punya banyak keunikan, mulai dari bahasa, budaya dan aneka kebiasaan warga negaranya.  Beberapa hal yang lazim dilakukan di Indonesia ternyata terlihat unik di mata bule.  Banyak wisatawan asing yang takjub melihat kebiasaan warga Indonesia yang tak wajar bagi mereka. 

Kebiasaan Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran: Pixabay
Destinasi wisata Pulau Bali: Pixabay



Kebetulan penulis adalah tour guide dan sering mendapati para turis yang keheranan melihat tingkah laku penduduk +62.

Berikut ini beberapa hal yang membuat bule heran dengan orang Indonesia:


  1. Sarapan dengan nasi. Ini sepertinya hampir semua bule setuju. Saya sempat bersama turis yang bertanya saat dia melihat tukang bubur dan penjual nasi uduk sudah stand by jam 7 pagi. Ini benar benar suatu kebiasaan aneh. Biasanya bule selalu sarapan dengan mengkonsumsi makanan-makanan ringan seperti toast, baccon, atau telur. Bukannya satu piring penuh nasi atau bubur.
  2. Why Indonesians always smiling? Ini yg selalu buat saya terpingkal. Hampir tiap hari saya dikomplain para turis yang saya pandu karna hanya di Indonesia dia harus selalu memasang senyum palsu. Di pikirannya, tidak perlu senyum jika memang tidak kenal.
  3. Makan menggunakan tangan. Sebagian dari para turis beranggapan, seharusnya makan itu adalah dengan menggunakan sendok dan garpu atau pisau.
  4. Perpaduan keju dan coklat. Sudah menjadi rahasia umum. Keju bagi mereka hanya dikombinasikan dengan makanan asin, bukan makanan manis seperti terangbulan, es duren, dll.
  5. Sarapan di restoran hotel dengan piyama. Ini kebiasaan yang paling bikin geleng-geleng kepala. Jika memang malas mandi pagi dan malas ganti baju, sebenanya tamu hotel bisa meminta agar sarapan mereka dikirim ke kamar. Bukan malah berkeliling restoran dengan memakai piyama.
  6. Pesta pernikahan dengan undangan 1000 tamu. Ini pengalaman tepat sebelum masa pandemi. Saat menghadiri pernikahan dengan jumlah sekitar 250 orang, saya kebetulan bertemu turis di sana. Buat orang Indonesia jumlah ini adalah jumlah tamu yg sedikit, tapi bagi mereka ini bagaikan mengundang penduduk satu negara. Too many people they don’t know.
  7. Terlalu sering minta maaf. Banyak dari orang Indonesia yang memulai pembicaraan dengan turis bule berkata : “maaf mister saya mau….”, “i’m sorry mister i want to…”. Bagi mereka ini tidak lazim, bule berpikir indonesians are too polite.
  8. Percaya hantu. Hahaha, yg ini saya mau ketawa karna saya pun saat ini masih percaya takhayul.
  9. Takut matahari. Bagi turis bule yang pernah tinggal di negara dengan 4 musim, summer is heaven. Buat indonesians, summer is hell. Cewek Indonesia sering menganggap  matahari sebagai momok menakutkan penyebab kulit hitam, keringetan, panas dan gerah. Cewek Indonesia anti matahari.
  10. Terlalu terobsesi kulit putih bercahaya. 3 tahun lalu saya sempat menjadi pemandu clients dari Spanyol untuk melakukan survey produk skin care Indonesia. Hasilnya.. semua menjanjikan kulit yang putih. Bahkan untuk sabun pencuci “miss-V” pun mengandung brightening effect. Disini.. saya kehabisan kata kata.