Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ragam Khasiat Kemangi untuk Kesehatan

Pernah makan pecel lele? Rasanya kurang lengkap memakan pecel lele tanpa ditemani lalapan daun kemangi. Ya, kemangi adalah sayuran yang sering dihidangkan sebagai pelengkap makanan, seperti nasi uduk, pecel lele ataupun pepes. Di balik harumnya dan rasanya yang unik, ternyata terdapat segudang manfaat dalam kemangi. Khasiat kemangi diantaranya untuk kesehatan wanita dan untuk pencernaan.

Kemangi  dikenal sudah cukup lama. Dahulu, bersama dengan selasih dan basil, kemangi memiliki kedudukan tinggi di antara tanaman lain. Pada masanya, kemangi, basil dan selasih disebut sebagai tanaman kerajaan, di Italia dan Prancis. Dulu, bunga kemangi sering digunakan sebagai bunga untuk mengungkapkan cinta, sama halnya dengan mawar. India sendiri mendudukan kemangi sebagai tanaman suci,yang kerap digunakan dalam upacara-upacara keagamaan. Khasiat kemangi bagi anggota kerajaan juga diakui. Ketika ada anggota kerajaan yang mengalami gangguan pencernaan, kemangi selalu menjadi pilihat dalam pengobatan.

Khasiat Kemangi untuk Kesehatan Wanita

Seperti dikutip dalam sebuah buku berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical” dari John Henry M. Disebutkan bahwa, salah satu khasiat kemangi adalah membantu menyembuhkan penyakit khusus kewanitaan seperti keputihan ataupun gangguan miss V lainnya. Khasiat kemangi juga terasa saat mengalami nyeri pada payudara. Mengkonsumsi daun kemangi saat menyusui, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Kandungan senyawa anetol dan boron yang terdapat dalam kemangi, diteliti telah membawa efek positif pada perkembangan sistem hormonal wanita.

 Dua senyawa ini, ditambahan dengan hadirnya senyawa triptofan mampu merangsang estrogen, yaitu hormon pada wanita untuk bekerja aktiv, sehingga menambah khasiat kemangi, sebagai tanaman yang membantu menunda manopouse.

Manfaat kemangi: Pixabay

Bagi wanita yang menginginkan segera mendapatkan keturunan, mengkonsumsi daun kemangi yang mengandung senyawa stigmasterol, ternyata bisa membantu pematangan sel, atau ovulasi. Bahkan, beberapa keadaan empiris mengemukakan adanya khasiat kemangi bagi perkembangan janin dalam kandungan.

Berita baiknya untuk kaum laki-laki, di dalam kemangi terdapat senyawa arginin yang terbukti mampu memperpajang waktu hidup sperma.

Khasiat Kemangi  untuk Merawat Pencernaan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Universitas Purdue  Amerika Serikat, mengemukan suatu hasil, dimana disebutkan adanya khasiat kemangi yang siknifikan  untuk mengatasi sembelit dan diare.

 Beberapa senyawa dalam kemangi juga memiliki peran untuk mengtasi penyakit maag dan perut yang kembung. Dalam penelitiannya, semyawa flavoboid yang terkandung dalam kemangi diduga memiliki peran pada hal-hal tersebut di atas.

Di Indonesia sendiri, memang beberapa orang tua massih sering menggunakan kemangi untuk mengatasi permasalahan pencernaan pada balita mereka. Biasanya masalah pencernaan yang diatasi dengan kemangi adalah perut kembung akibat masuk angin. Penggunaannya adalah dengan mencampur kemangi dan minya, ditambah sedikit bawang merah, lalu oleskan pada perut, punggung dan dada.

Untuk memudahkan dalam mengkonsumsi, sehingga khasiat kemangi ini bisa dirasakan langsung, maka beberapa orang telah mengemas kemangi dalam bentuk teh. Kemangi juga bisa  diolah menjadi juice yang dicampurkan dengan sari buah yang lain, baru kemudian digunakan untuk mengatasi mual.

Khasiat Kemangi untuk Membantu Mengatasi Asam Urat

Setyo Purwono dan Mustofa telah melakukan penelitian pada tahun 1997 mengenai khasiat kemangi pada asam urat. Walaupun sejauh ini penelitian baru dilakukan pada tikus putih, namun kadar penurunan asam uratnya cukup berarti. Dimana setelah mengkonsumsi kemangi selama 3-7 hari, terjadi penurunan kadar asam urat darah tikus yang significant.

Penelitian yang dilakukan di lembaga penelitian UGM ini, menepis beberapa anggapan bahwa kemangi adalah salah satu faktor pencetus asam urat. Justru salah satu khasiat kemangi adalah untuk mengatasi asam urat.

Sayangnya, saat ini penelitian kemangi banyak yang tidak dikembangkan sampai tuntas. Karenanya formula ataupun produk olahan kemangi terbilang belum cukup banyak di pasaran, dibandingkan dengan tumbuhan sejenis yaitu, basil. Basil telah mulai dikembangkan sebagai parfum di luar negeri. Selayaknya kemangi yang mengandung minyak atsiri, juga bisa dikembangkan untuk wewangian seperti parfum. Penelitian lain, yang baru mulai dikembangkan dengam memanfaatkan senyawa atssiri kemangi adalah, untuk repellent atau anti nyamuk. (dbs)