Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jaga Laptop Tetap Awet dengan Perawatan Berikut

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang biasa Anda temukan di meja perkantoran. Fleksibilitasnya dalam mobilitas pun bisa menggantikan komputer kantor. Maka jangan heran jika Anda menemukan system furniture indonesia sebuah kantor yang menggunakan laptop, bukan komputer.

cara merawat laptop
Cara merawat laptop: Pexels

Dibalik fleksibilitasnya, laptop juga memiliki kekurangan yaitu pada baterai. Untuk laptop, normal penggunaan tanpa di-charge bisa sampai 8-10 jam. Namun ada pula pengguna laptop yang hanya bertahan cuma 2 jam saja. Tidak jarang orang mengeluhkan baterai laptop yang tidak awet dan cepat boros. Entah karena baterainya sudah rusak atau memang umur. Jika baterai laptop tidak awet, fungsi laptop sebagai komputer portable pun juga akan hilang, bukan?

Lalu bagaimana merawat baterai laptop agar selalu awet? Berikut tipsnya

Jangan gunakan laptop di atas benda empuk

Laptop membutuhkan sirkulasi udara karena mengeluarkan panas. Jadi jangan gunakan laptop di atas kasur atau bantal. Jika tetap harus menggunakannya, alasi dengan benda tebal dan keras seperti buku tebal yang besar.

Simpan baterai pada suhu yang sejuk

Jika baterai sedang tidak digunakan, simpan pada suhu yang sejuk dan kering. Sebelum Anda melepas baterai, isi terlebih dahulu hingga penuh dan jangan didiamkan terlalu lama. Jika laptop Anda baterainya ditanam, simpan laptop pada suhu yang sejuk.

Jangan sampai baterai habis

Hindari penggunaan baterai sampai 0% karena akan cepat rusak. Isilah hingga penuh dan kembali jika kapasitas baterai telah mendekati 10%. Hal ini tidak berlaku jika Anda sedang melakukan kalibrasi.

Gunakan sleep mode

Sebaiknya gunakan mode sleep dibanding menyala-matikan laptop. Karena tenaga yang diperlukan saat laptop menyala lebih kecil dibanding saat pertama menyalakan laptop

Atur kecerahan

Gunakan power management pada control panel laptop Anda. Atur kecerahan layar dibawah 50% atau bisa langsung menekan Fn + left button keyboard

Gunakan stabilizer

Gunakan juga stabilizer yang berguna untuk menjaga tegangan listrik yang masuk lebih stabil. Stabilizer juga membantu menghindarkan laptop dari tegangan listrik yang naik turun yang dapat berpengaruh pada kinerja baterai

Jika sudah terlanjur rusak, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli baru.

Posting Komentar untuk "Jaga Laptop Tetap Awet dengan Perawatan Berikut"