Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Teknologi AI, Kecerdasan Buatan yang Saat Ini Tengah Banyak Dikembangkan oleh para Developer

AI atau Artifical Intelegent adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk membuat sebuah kecerdasan buatan pada robot. Teknologi Artifical Intelegent ini adalah salah satu teknologi yang tengah dikembangkan oleh banyak Developer atau perusahaan teknologi di Indonesia dan juga seluruh dunia.

Kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Teknologi Artifical Intelegent ini.

Apa itu Teknologi Artifical Intelegent?

Teknologi Artifical Intelegent
Teknologi Artifical Intelegent: Pixabay


Pertama, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Teknologi Artifical Intelegent ini. Secara singkat kita dapat menyimpulkan bahwa Teknologi Artifical Intelegent ini adalah sebuah simulasi kecerdasan manusia dalam sebuah mesin atau robot buatan yang diprogram secara khusus untuk bisa berpikir seperti manusia dan meniru tindakan manusia dalam segala situasi.

Teknologi Artifical Intelegent ini tentunya memiliki struktur penyusunan yang lebih kompleks lagi dibandingkan dengan teknologi biasa yang hanya bisa menerima perintah lalu menjalankannya. Teknologi Artifical Intelegent dituntut agar mampu memecahkan masalah yang diberikan dengan logika berpikir seperti manusia.

Tak jarang pula, hasil pemikiran Teknologi Artifical Intelegent ini mengejutkan para penemunya. Lantaran Teknologi Artifical Intelegent ini mampu berpikir secara luas dan kompleks bahkan melebihi manusia sekalipun.

Kategori Teknologi Artifical Intelegent

Teknologi Artifical Intelegent ini umumnya digolongkan menjadi 2 golongan yakni Weak dan Strong. Kita akan membahasnya satu per satu,

  1. AI lemah : atau yang juga dikenal sebagai AI sempit adalah sistem AI yang khusus dirancang dan dilatih untuk menjalankan fungsi tertentu saja. Jadi, bisa dibilang AI lemah ini tidak bertujuan untuk melakukan fungsi multitasking.
  2. AI Kuat : Strong Artificial Intelegent ini adalah AI yang dirancang agar memiliki kamampuan kognitif manusia secara umum. Ketika diberikan sebuah tugas atau permasalahan yang harus segera dipecahkan. AI tersebut mampu menyelesaikannya secara baik tanpa campur tangan dari manusia.

Jenis Teknologi Artifical Intelegent

Ada berbagai jenis Teknologi Artifical Intelegent yang harus kamu ketahui selain 2 kategori di atas, yakni :

  1. Tipe Satu yang merupakan mesin reaktif. AI yang satu ini adalah mesin yang mampu menganalisis sesuatu dengan sempurna lalu membuat prediksi dan gerakan sesuai dengan tujuannya. Biasanya AI yang bertipe mesin reaktif ini adalah AI yang tidak memiliki ingatan atau memori yang mampu menampung segala pengalaman yang diperolehnya. Jadi, AI ini bereaksi ketika ada tantangan yang sedang dihadapinya. Meskipun begitu, mesin AI reaktif ini cukup luar biasa lho. Salah satu contoh mesin AI reaktif ini adalah Deep blue, mesin catur IBM yang mampu mengalahkan para juara catur dunia.
  2. Tipe 2 : Memori terbatas : tipe AI yang kedua adalah AI yang memiliki memori yang terbatas alias mampu menyimpan informasi atau menggunakan pengalamannya di masa depan. Namun, memori tersebut hanya bersifat sementara alias tidak permanen.
  3. Tipe 3 : teori Pikiran : Jenis AI yang ketiga adalah AI teori pikiran. Sayangnya, teknologi AI ini belum ada sampai saat ini.
  4. Tipe 4 : Kesadaran diri. Jenis AI yang satu ini memiliki kesadaran diri sendiri yang bisa memengaruhi kinerjanya, sama seperti AI tipe 3 jenis AI yang satu ini juga belum ada hingga sekarang.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai teknologi AI. Yang pasti, teknologi tersebut sangatlah berguna untuk membantu kehidupan manusia di masa sekarang ataupun di masa depan. Namun, karena AI merupakan kecerdasan buatan yang mampu mengembangkan pola pikir serta metodenya sendiri tanpa ikut campur tangan manusia ada baiknya para developer memiliki kontrol penuh terhadap Teknologi Artifical Intelegent agar nantinya teknologi ini tak membahayakan umat manusia di masa depan


Posting Komentar untuk "Mengenal Teknologi AI, Kecerdasan Buatan yang Saat Ini Tengah Banyak Dikembangkan oleh para Developer"